Rabu, 12 November 2008

cooperative scirpt

A. Pengertian Cooperative Script

Cooperative Script adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari.

B. Prinsip Dasar dan Karakteristik Model Pembelajaran Kooperatif

Prinsip dasar dalam model ini adalah sebagai berikut :

- Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.

- Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama.

- Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya.

- Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.

- Setiap anggota kelompok (siswa) berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya.

- Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta mempertanggung jawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.

Adapun karakteristik model pembelajaran cooperative script adalah:

- Siswa dalam kelompok secara kooperatif menyelesaikan materi belajar sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai.

- Kelompok dibentuk dari beberapa siswa yang memiliki kemampuan berbeda-beda, baik tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah.

- Penghargaan lebih menekankan pada kelompok daripada masing masing individu.

C. Langkah-langkah

Dalam pembelajaran ini dikembangkan diskusi dan komunikasi dengan tujuan agar siswa saling berbagi kemampuan, saling belajar berpikir kritis, saling menyampaikan pendapat, saling memberi kesempatan menyalurkan kemampuan, saling membantu belajar, saling menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maupun teman lain. Terdapat 7 (tujuh) langkah model pembelajaran ini :

  1. Guru membagi siswa untuk berpasangan.
  2. Guru membagikan wacana / materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
  3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
  4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar menyimak / mengoreksi / menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat / menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
  5. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas.
  6. Kesimpulan guru.
  7. Penutup

D. Kelebihan dan Kekurangan

Keunggulan dari model pembelajaran kooperatif adalah (1) membantu siswa belajar berpikir berdasarkan sudut pandang suatu subjek bahasan dengan memberikan kebebasan siswa dalam praktik berpikir, (2) membantu siswa mengevaluasi logika dan bukti-bukti bagi posisi dirinya atau posisi yang lain, (3) memberikan kesempatan pada siswa untuk memformulasikan penerapan suatu prinsip, (4) membantu siswa mengenali adanya suatu masalah dan memformulasikannya dengan menggunakan informasi yang diperoleh dan bacaan atau ceramah, (5) menggunakan bahan-bahan dari anggota lain dalam kelompoknya, dan (6) mengembangkan motivasi untuk belajar yang lebih baik.

Kelebihan:

  • Melatih pendengaran, ketelitian / kecermatan.
  • Setiap siswa mendapat peran.
  • Melatih mengungkapkan kesalahan orang lain dengan lisan.

Kekurangan:

  • Hanya digunakan untuk mata pelajaran tertentu
  • Hanya dilakukan dua orang (tidak melibatkan seluruh kelas sehingga koreksi hanya sebatas pada dua orang tersebut).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH : SMA/MA

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : XII

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Membaca: Memahami artikel dan teks pidato

B. KOMPETENSI DASAR :

· Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif

· Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)

· ide pokok

· Masalah dalam artikel

· rangkuman artikel

· kalimat majemuk

· pola kalimat

D. INDIKATOR :

· Menemukan ide pokok tiap paragraf

· Menemukan kalimat pendukung ide pokok

· Menemukan masalah dalam artikel

· Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat

· Mengidentifikasi kalimat majemuk

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Membaca artikel

· Menemukan ide pokok tiap paragraf

· Merangkum isi seluruh artikel

· Mencari permasalahan dalam artikel

· Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat

· Mengidentifikasi kalimat majemuk

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Cooperative Script

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

§ Membentuk kelompok diskusi

Kegiatan Inti :

· Guru memberikan artikel / teks pidato pada tiap kelompok.

· Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pendengar

· Pembicara membacakan artikel / naskah pidato beserta ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.

Sementara pendengar :

o menyimak / mengoreksi / menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap

o membantu / mengingat / menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya

· Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar, menyampaikan secara lisan isi artikel secara bergantian serta lakukan seperti di atas

· Mendiskusikan isi artikel/ pidato

· Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· Naskah pidato

· Artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik

· Buku-buku penunjang

J. PENILAIAN :

§ PENILAIAN AWAL:

Tes lisan

§ PENILAIAN AKHIR:

Tes Tulis

§ INSTRUMEN PENILAIAN

Soal:

Datalah berbagai pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber dalam pidato yang kamu dengarkan; simpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber! ;

Tulislah ide pokok yang terdapat dalam pidato yang kamu dengarkan

§ PEDOMAN PENSKORAN

Rubrik penilaian :

Nama Kelompok :

Kelas :

No. Aspek penilaian

Skor max

Skor perolehan

1. Ketepatan mendata pokok2 pidato:

§ Pokok-pokok pidato lengkap

§ Pokok-pokok pidato kurang lengkap

§ Pokok-pokok pidato tidak dapat dituliskan

2. Keefektifan penggunaan bahasa

§ Tidak terdapat kesalahan struktur kalimat dan ejaan

§ Terdapat satu sampai dua kesalahan struktur kalimat dan ejaan

§ Terdapat lebih dari dua kesalahan struktur kalimat dan ejaan

3. Kejelasan isi informasi pidato

§ Isi pidato mudah dipahami

§ Isi pidato mudah dipahami, tetapi dpt menimbulkan ketidakjelasan utk pendengar

§ Isi pidato sukar dipahami

5

3

1

5

3

1

5

3

1


Nilai siswa diperoleh dgn rumus sbb:

Nilai = Skor perolehan x 100

Skor maksimal